Inilah Mindset yang Bantu Kuatkan Mentalmu Untuk Bertahan Hidup

Inilah Mindset yang Bantu Kuatkan Mentalmu Untuk Bertahan Hidup

Inilah Mindset yang Bantu Kuatkan Mentalmu Untuk Bertahan Hidup

Hidup dalam peliknya masalah merupakan suatu tantangan bagi kita untuk bertahan hidup. Mindset atau pola pikir itu berperan penting mengarahkanmu dalam memaknai proses hidup. Di lansir dari laman stgeorgesyria.org, seseorang yang memiliki pola pikir berkembang atau growth mindset akan selalu percaya bahwa bakat itu bisa di kembangkan.

Meskipun kamu dalam kondisi yang buruk, cara pandang ini justru dapat melatihmu untuk tidak takut terhadap kegagalan. Lalu, mindset seperti apa yang bikin mentalmu tangguh? Di kutip dari laman IDN Poker77, simak artikel ini!

1. Berharap untuk yang terbaik, bersiaplah untuk hal yang buruk

“I am prepared for the worst, but hope for the best” – Benjamin Disraeli

Kutipan tersebut layak di teladani dalam menjalani kehidupan. Sebagaimana di lansir dari laman Positive Psychology, harapan itu ada untuk menguatkan komitmen agar kita terus termotivasi dalam mencapai tujuan.

Harapan selalu di konotasikan dengan sebuah makna yang positif, penuh keoptimisan. Charles R. Synder, psikolog Amerika, menegaskan jika harapan itu sangat berhubungan dengan perilaku dan rencana kita. Maka, fokuslah pada apa yang bisa dan sedang kamu lakukan sekarang.

Selagi kamu terus berpikir positif dan berharap, bersiaplah juga untuk menghadapi hal-hal yang buruk! Jika dalam perjalananmu terjadi hujan badai, maka berhentilah sejenak untuk berteduh. Itu juga upayamu untuk bertahan hidup.

2. Kelemahan adalah kesempatan emas untuk menjadi yang terhebat

Setiap orang tentu memiliki kelemahan dan kelebihan. Tak jarang, kelemahan yang kamu miliki itu bisa menjadi pemicu ketakutan. Coba kenali kelemahanmu, pikirkan apa yang bisa kamu perbaiki dari kelemahan tersebut.

Kadang tanpa di sadari, di balik kelemahan justru terdapat kekuatan yang bisa menolongmu melewati berbagai permasalahan. Contohnya, seseorang yang terlihat pendiam dan tidak banyak bicara, mungkin saja ia adalah sosok pengamat yang baik.

3. Punya kerendahan hati untuk mau terus belajar

Belajar itu gak hanya saat kamu berada di sekolah. Proses pembelajaran itu terjadi sepanjang hidupmu. Milikilah kerendahan hati untuk terus belajar dan di bentuk sepanjang perjalanan hidup. Cerminkan sikap mau belajar, bukan merasa paling pintar.

Synder dalam laman Positive Psychology, menjelaskan bahwa harapan itu terdiri dari tiga komponen, yaitu tujuan, pathway thinking (rencana yang mengarah pada tujuan), dan agency thinking (perilaku yang mengarah pada tujuan). Niat mau belajar adalah bentuk harapan dalam mencapai tujuan. Ketika kamu sadar akan kekurangan dan mau menerima masukan, di situlah kamu dapat mengimprovisasi diri.

Dari permasalahan atau kegagalanmu, justru kamu bisa tumbuh menjadi pribadi yang tangguh dan lebih baik. Untuk itu, jangan lupa untuk menanamkan pikiran dan perilaku positif.